Pantai Saumadaha keindahan tiada tara

( Feel free )



Jika ada yang bertanya pada saya pantai apa yang paling bagus di Ternate saya akan menjawab pantai saumadaha. Pantai saumadaha lebih dikenal di masyarakat ternate dengan nama “HOLL” karena bentuknya yang berbentuk teluk. 

Jika kalian menanyakan mengapa saya memilih pantai ini sebagai pantai terbaik saya akan menjawab dengan banyak sekali alasan. Tidak seperti banyak pantai di Indonesia yang mana jika Panoramanya bagus pasti Underwaternya tidak bagus atau sebaliknya. Pantai ini sangat indah mulai dari Panorama alamnya, airnya, coral serta banyaknya ikan disini.
( masih meragukan jernihnya air ..? )

Namun seperti banyaknya pantai di Indonesia pantai saumadaha ini sudah mulai rusak karena ulah masyarakat yang membuang sampah, bensin atau solar yang membuat air berminyak dan dipasangnya keramba ( padahal ini tempat wisata).

Saya memiliki beberapa alasan mengapa pantai ini sebagai pantai terbaik yaitu : 

1.   Akses yang mudah dari pusat kota
Tempat wisata yang indah biasanya memiliki akses yang sulit namun berbeda dengan pantai saumadaha. Akses pantai ini cukup mudah dengan menggunakan transportasi kendaraan roda 2 maupun 4 tempat ini bisa digapai dengan mudah selama 30 menit dari pusat kota.

( jalan setapak sejauh 500m dari pantai sulamadaha ke pantai saumadaha )
2.   Panorama Indah
Tentu alasan ini yang menguatkan mengapa pantai ini menjadi pantai terindah di Ternate karena rindangnya dan lembutnya suasana

( kurang ajib..? )
3.   Banyaknya Ikan Dan Coral
Begitu banyaknya terumbu karang yang indah di pantia ini juga spesies ikan, anda bisa bermain dengan ratusan ikan sambil member makan mereka. Jika anda menaruh sepenggal roti maupun snack ikan-ikan disini akan berkerumunan. Dan jika anda menempelkan coklat ke tangan anda siap-siap ikan-ikan tadi akan member terapi gigitan ke tangan anda.
( I'm not lying )

( snorkeling sambil melihat ini seperti terapi selama 10 tahun )









( yang ini yang gue suka :D )


( karang hidup, jangan salah dikira karang mati )


4.   Tidak terlalu ramai
Saat mencapai puncak pengunjung Holl tidak akan terlalu ramai, karena kebanyakan pengunjung lebih suka bersantai di pantai tetangga yaitu Pantai Sulamadaha yang jaraknya 500m sebelum pantai saumadaha.

5. Culinary
Lapar ? tidak perlu khawatir disini banyak sekali warung yang menjajal makanan juga minuman kelapa muda dan lainnya.


6.   Lengkap
Untuk sebuah pantai pantai ini begitu lengkap bahkan disewakan perahu untuk menjelajahi pantai dengan harga Rp. 25.000 dan ada dua sudut dimana airnya hangat sehingga enak untuk berlama-lama.

( perusak karang )
7.   Pantai tanpa ombak dan berarus kecil
Inilah yang membuat pantai ini begitu aman, tetapi ada satu sisi yang dimana berombak dan berarus kuat.
Nah dari begitu banyak alasan diatas pasti anda tau mengapa pantai ini begitu menggoda. Namun tentu saja ada minusnya dari pantai ini. Yaitu Air yang mulai berminyak dan banyaknya speedboat berlalu lalang.
Tak terhitung berapa kali saya kepantai ini tiap sudut sudah saya jelajahi sehingga saya mengetahui tiap sudut pantai ini.




Bagi para wisatawan yang ingin ke pantai ini anda Cuma perlu menggunakan kendaraan roda dua atau empat jika degan roda dua anda bahkan Cuma perlu seliter. Anda bisa pergi ke arah utara jika sampai pada Pusat PAM ( perusahaan air Minum ) anda hanya perlu belok kiri menuju benteng toloko dan dari jaur itu anda hanya perlu melalui jalur utama atau jalan besar hingga sampai ke pantai sulamadaha. Disini anda dikenakan tari f Rp. 5000 untuk motor dan Rp.10.000 untuk mobil dan begitupula dengan biaya parkirnya. Setelah sampai di pantai sulamdaha anda hanya perlu berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor melalui jalan setapak sepanjang 500m. dan sampailah ke pantai saumadaha.




P.S
Anda Cuma perlu baiaya Rp. 50.000 untuk menikmati keindahan tempat ini hingga puas ( biaya per orang )

Komentar

  1. Keren.. ada photo Underwater nya juga sekarang ;)
    Tips ambil photo underwater usahakan tidak mengambil vertical dari atas kebawah, akan lebih bagus horizontal alias menyamping dan sisakan tempat kosong supaya dapet background warna biru (air laut) yang menjadikan photo lebih colorful... selamat berpoto underwater :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sarannya kak.. tapi susah mencari fokus saat posisi horizontal dibawah air karena menggunakan smartphone... saya juga masih gaptek dengan foto UW

      Hapus
    2. kurang lebih seperti poto pertama di artikel ini yang lagi berenang (feel free), terlihat backgroundnya biru kalau diambil secara horizontal ;)

      Hapus
    3. Iia kak.. saya juga foto yg itu... udah beberapa kali coba horizontal foto tapi hasilnya agak kabur...

      Hapus
    4. Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Hapus
  2. huwaaaa bagusnyaaa, enak yahh banyak banget pantai2 cantik di sana :(( *nasipp anak Jakarta, cuma punya Ancol :((*
    kalo mau yg bagusan dikit musti naik kapal ke kep seribu :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kepulauan seribu sama bagusnya dengan pantai ini kok...

      Hapus
  3. wah ini keren sekali alfi,,,,Jujur, sudah segede ini saya belum secara langsung melihat pantai pantai yang warnanya hijau biru, kayak saumadaha, raja ampat, dan pantai pantai indah lainya,,,,
    Semoga suatu saat di kasih banyak rejeki biar bisa keliling ,,,,minimal keluar dari kota merauke lah,,,heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya doakan anda bisa traveling ke tempat yg indah seperti raja ampat. Raja Ampat masih jauh lebih indah dari pantai ini...

      Hapus
  4. Murah banget sewa perahu cuman 25 ribu, di pulau seribu aja bisa 300an.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sewa perahu ya cum, bukan sewa perahu boat...

      Hapus
  5. saya juga pernah ke ternate dan tidore tapi saya lupa nama pantainya hehehe. singat saya yang ada di gambar uang seribuan rupiah. namanya pantai apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah nama pantai yg vienya pulau maitara dan tidore ada banyak kak... ada pantai swering ( Falajawa 1 ), fitu ( pantai floridas ), dan lainnya...

      Hapus
  6. hal-hal seperti ini yang kudu wajib kita jaga,coba kalau kita perhatikan indahnya dasar lautan dengan trumbu karangnya, masih tega juga mua merusaknya,,hmmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iiia setuju kak... namun sayangnya tidak ada kepedulian dari masyarakat lokal, malahan terlihat pembangunan infrastruktur yang membabi buta juga pemerintah yg ternyata malah mengabaikan pesonanya dengan membangun keramba... saya sempat sedih juga melihat banyaknya orang yg berkunjung disini menginjak karang-karang hidup disini...

      Hapus
  7. iihhhhh, kadang kalo liat pantai biru2 bgini, aku jd pgn bljr berenang... :D

    cakep bgt Fi... airnya bikin mata seger... biru bgt ^o^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kak belajar berenang, masa traveler kok gak bisa berenang.. :D kalau udah bisa pasti ketagihan

      Hapus
  8. Pantainya keren,,pengen bnget snorkeling kesini.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kak ke ternate dan snorkeling di sini... banyak ikan dan terumbu karang yg bagus.. kalau beruntung bisa ketemu penyu...

      Hapus
  9. Hai.. Maaf ya kalau saya koreksi sedikit. Bukan Saumadaha. Melainkan Sulamadaha. Jadi kangen euy balik kesana T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe saya asli lokal disini kak.... nama pantai holl yang banyak tidak diketahui orang adalah saumadaha... sedangkan sulamadaha adalah pantai tetangganya :D

      Hapus
  10. pantai kaca sulamadaha itu bener" good
    aku pernah tenggelam krna tdk bsa brnang.
    aku sempat berbincang dngan anak sultan ternate sambil makan pisang yg digoreng dan di cocol sambal

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia kak keren pantainya mudah diakses pula..
      hahaha ayo belajar berenang biar bisa snorkeling disini..
      wah sepertinya pengalamannya seru sekali di Ternate ya...

      Hapus
  11. pngin banget berkunjung lgi kesana..
    kangen sekali dengan kota tarada kong..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... ayo kak mampir lagi.. banyak tempat wisata baru...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Pendakian Gunung Gamalama 1700MDPL

Ternate, Bahagia itu 50rb saja