Perjalanan ke danau terdalam di Asia Tenggara

Danau Matano namanya, danau dengan kedalaman 590m ( pada titik terdalam ) dan luas yang melebihi kota Ternate ini sungguh memesona. Terletak di Sorowako, Sulawesi Selatan. Danau Matano ini dekat dengan perbatasan Sulawesi Tenggara.


Pada awal puasa lalu aku bersama kakakku melakukan perjalanan ke Sorowako. Perjalanan ini cukup panjang dan memakan waktu.  Untuk Pergi ke Sorowako bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi, bus dan Pesawat. Aku dan kakakku memilih Bus untuk ke Sorowako. Ada beberapa bus yang menuju Sorowako dengan berbagai kelas dan harganya. Kami memilih bus Mega Mas super eksekutif dengan tariff 220 ribu dengan waktu tempuh 12 jam.




Sesampainya di Sorowako kakak saya menjemput kami. Kami mengambil sedikit istirahat dan siangnya kami berjalan-jalan ke Perumahan Karyawan PT. Vale. Ada yang unik dari rumah-rumah disini. Yang mana rumah-rumah disini dibuat dengan container dan didesainn dengan rapi dan diberi warna-warni. Didalam perumahan ini ( lebih tepatnya di Sorowako ) petunjuk jalan dibuat dengan jelas, sehingga sorowako adalah tempat tanpa Lampu lalu lintas. Para karyawan pabrik sorowako ini diberi rumah-rumah yang menakjubkan tergantung dari tipe pekerjaannya dan statusnya ( Perkawinan ).

Berjalan-jalan di Sorowako sungguh menyejukan mata karena bersihnya tempat ini diikuti dengan ramahnya orang-orang disini serta kesejahtraan orang-orang disini. Aku membuat daftar tempat yang aku kunjungi di Sorowako. Yaitu :
1. Perumahan PT. Vale
         Sepertinya tak perlu banyak penjelasan untuk rumah ini Karena sudah banyak ditulis diatas
( Rumah jomblo, bagi yang belum nikah )

      2. Matano Yacht Club
Di Matano yacht club ini adalah salah satu tempat yang pas untuk menikmati suasana disini kita juga dapat meminjam perahu Kano. Namun untuk meminjamnya kita harus lapor biasanya sehari sebelumnya. Jangan khawatir soal biaya peminjaman kano kalau gak salah sih Gratis ( KALAU GAK SALAH )


     3. Pantai ( Danau ) Ide
Tempat yang disebut pantai ide ini sebenarnya adalah danau. Tempatnya sungguh asri dan bersih disekelilingi pohon hijau dan disediakan tempat bermain anak. Tak usah Tanya lagi kebersihan pantai ini. Hampir di segala sudut tempat diletakan tempat sampah krisbow dan selalu ada orang yang membersihkan tempat ini.
( Ini danau juga pantai )

     4. Museum PT. Vale
Jangan khawatir akan bosan di Museum, Museum ini berisi alat berat yang sizenya luar biasa dan juga terdapat tempat penangkaran hewan disini. Sayangnya vandalism terlihat jelas disini alat-alat berat yang dipajang banyak yang telah dipecahkan kacanya ada juga yang sudah dicoret-coret.

      5. Goa Air
Tidak Mungkin jika berlibur ke Sorowako tanpa mengunjungi Danau Matano. Nah disalah satu sudut danau Matano terdapat Sebuah gua yang dulu dipakai sebagai tempat pelarian. Nah sekarang gua ini dipakai sebagai tempat uji nyali. Melompat dari atas gua ini butuh nyali yang besar karena jika sampai dibawah kita harus sedikit menyelam agar bisa keluar. :D 
 
      6. Mata Air Bora-Bora
Tidak disangka lagi mata airnya jernih sekali. Aku belum pernah melihat mata air sejernih itu. Dan mata air itu sekarang dijadikan tempat air minum.
( see the reflection )

     7. Rumah Presiden PT. Vale
Yah memang rumah ini sudah terbakar akibat kebakaran beberapa waktu lalu tapi pesonanya belum hilang apalagi kalau mau sefie di jembatannya yang super keren
( see ya~ )

Yah lumayan banyak juga tempat yang sudah kukunjungi di Sorowako namun karena waktu itu bulan puasa sehingga aku harus kembali kesini lagi dan merasakan keindahan dan kejernihan air danaunya.
Di perjalanan saya ke sorowako kali ini saya tidak banyak memotret melainkan merekam. Sehingga saya membuat video perjalanan saya ke Sorowako silahkan ditonton ya.. ( Still Amateur ).

 
( Soundtrack : Depapepe - start, Temper Trap - Sweet disposition, Dashboard Confenssional - Dont wait ) 
*Tips dari saya
- waktu akan naik bus kita diberi aqua tapi tidak makan. Kita akan diturunkan makan malam tapi harganya lumayan mahal jadi jika membawa bekal tidak ada salahnya
- Bus pergi tepat waktu yaitu habis maghrib ( dari posnya ) dan menjelang isya dari terminalnya jadi jangan Jam Karet datangnya kesana pasti ditinggal.
- tidak ada kamar mandi di bus lintas sorowako
- Perhatikan plat nomor bus. Karena banyak bus yang ke Sorowako dengan Plat yang sama hanya akhirannya saja yang bebeda ( GG, KK, dll )

( Sudah lama gak nulis jadi agak susah nulis, dan juga makin jelek gaya penulisannya )

Komentar

  1. Wakssss rumah jomblo, pasti kamu disitu yaaaa hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah yang jomblo siapa ya..? hahaha tapi keren loh rumah jomblonya.

      Hapus
    2. ,KISAH NYATA ,
      Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
      Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini,
      sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa,
      mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
      hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya,
      akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta ,
      saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma,
      istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk,
      demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
      ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya,
      Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI WONGSO hidupnya kembali sukses,
      awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya,
      saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI WONGSO di No +62852-9958-5055.
      Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya,
      akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
      kini saya kembali sukses terimaksih KI WONGSO saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT,
      YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI WONGSO DI +62852-9958-5055. (TANPA TUMBAL/AMAN).

      Hapus
    3. Hari ini saya ingin mengunkapkan tentang perjalanan hidup saya,karna masalah ekonomi saya selalu dililit hutang bahkan perusahaan yang dulunya saya pernah bagun kini semuanya akan disitah oleh pihak bank,saya sudah berusaha kesana kemari untuk mencari uang agar perusahaan saya tidak jadi disitah oleh pihak bank dan akhirnya saya nekat untuk mendatangi paranormal yang terkenal bahkan saya pernah mengikuti penggandaan uang dimaskanjeng dan itupun juga tidak ada hasil yang memuaskan dan saya hampir putus asa,,akhirnya ketidak segajaan saya mendengar cerita orang orang bahwa ada paranormal yang terkenal bisa mengeluarkan uang ghaib atau sejenisnya pesugihan putih yang namanya Mbah Rawa Gumpala,,,akhirnya saya mencoba menhubungi beliau dan alhamdulillah dengan senan hati beliau mau membantu saya untuk mengeluarkan pesugihan uang ghaibnya sebesar 10 M saya sangat bersyukur dan berterimakasih banyak kepada Mbah Rawa Gumpala berkat bantuannya semua masalah saya bisa teratasi dan semua hutang2 saya juga sudah pada lunas semua,,bagi anda yang ingin seperti saya dan ingin dibabtu sama Mbah silahkan hubungi 085 316 106 111 saya sengaja menulis pesan ini dan mempostin di semua tempat agar anda semua tau kalau ada paranormal yang bisah dipercaya dan bisa diandalkan,bagi teman teman yang menemukan situs ini tolong disebar luaskan agar orang orang juga bisa tau klau ada dukun sakti yg bisa membantuh mengatasi semua masalah anda1.untuk lebih lengkapnya buka saja blok Mbah karna didalam bloknya semuanya sudah dijelaskan PESUGIHAN DANA GHAIB TANPA TUMBAL

      Hapus
  2. itu kalo terjun ke danau di goanya, naik lg k atas gimanaa :D? kayaknya curam bgt gitu Vi..

    Aku selalu penasaran dengan danau2 yang katanya terdalam... Penasaran di bawahnya itu seperti apa yaa... serem sih ngebayangin, apalagi aku g bisa berenang samasekali gini ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau terjun ndak perlu naik lagi kok.. kita cuma perlu nyelam lewat celah horizon gua untuk sampai keluar.

      airnya jernih kok untuk yang kedalaman 30m kita masih bisa melihat dasarnya... pokoknya keren deh

      Hapus
  3. fi, ayo mulai update lagi blognya ,,hee

    BalasHapus
  4. Wah, indah sekali :) Rumahnya unik-unik ya, jadi pengen tahu dalamnya, hihihi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iia sampai sekarang saya penasaran dalamnya bagaimana ya... hahaha

      Hapus
  5. bener bener uji nyali dah tuh yang lompat di goa air, serem....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketinggian dan kedalamannya lumayan loh... ngeri juga -,-

      Hapus
  6. Pemandangannya bagus.. Tapi denger danaunya dalem, kok jiper ya.. Ahak! :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. pemandanganya menutupi seramnya kedalaman danaunya

      Hapus
  7. Datang ke sorowako, tnggal di rmh saya. Gratiss. Saya org sorowako asli

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kak alya yang baik hati :D akan saya pertimbangkan jika kembali kesana...

      Hapus
  8. Gede banget yaaa kalo luas nya melebihi ternate

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besar sekali loh danaunya seluas kolornya mas cumi :D

      Hapus
  9. masuk ke goa tuh serem x, aku gak bisa berenang gak berani coba deh...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan Pendakian Gunung Gamalama 1700MDPL

Ternate, Bahagia itu 50rb saja